Minggu, 18 Desember 2011

Membuat Liburan Menjadi Lebih Bermakna

Liburan adalah suatu peristiwa yang sangat ditunggu-tunggu, baik oleh anak-anak maupun orangtua. Sebab liburan identik dengan menyenangkan dan dapat membuat badan dan pikiran menjadi lebih segar. Hal ini terutama bagi mereka yang kesehariannya selalu disibukkan oleh rutinitas pekerjaan yang selalu bertumpuk dan melelahkan. 

Liburan juga sangat bermanfaat bagi keluarga untuk menumbuhkan kebersamaan dan keharmonisan di antara anggota keluarga. Orangtua yang sehari-harinya sibuk dengan pekerjaan dan anak juga sibuk dengan rutinitasnya sehingga jarang terjalin kebersamaan, dengan liburan inilah waktu yang tepat untuk menjalin kebersamaan antara orangtua dan anak.

Agar liburan menjadi lebih menyenangkan dan bermakna, perlu perencanaan yang baik. Adapun hal-hal yang harus diperhatikan dalam perencanaan tersebut adalah sebagai berikut:

Pertama 
: Lakukan musyawarah dalam menentukan tujuan berlibur. Jangan sampai terjadi petengkaran di antara anggota keluarga hanya karena ada perbedaan dalam menentukan tujuan berlibur. Akan tetapi, rundingkanlah keinginan setiap anggota keluarga secara tenang dan penuh kebersamaan agar mendapatkan solusi yang baik. 

Kedua 
: Bagilah tugas untuk setiap anggota keluarga. Hal ini selain memudahkan bagi masing-masing anggota keluarga juga akan menumbuhkan rasa percaya diri pada anak karena mereka merasa dipercaya untuk mengemban tugaas oleh kedua orangtuanya. Buatlah pembagian tugas yang jelas untuk setiap anggota keluarga, misalnya ada yang diberi tugas untuk membuat jadwal, ada yang diberi tugas untuk mengatur dan menyiapkan makanan, dan sebagainya. 


Ketiga : Jagalah kesehatan. Menjaga kesehatan termasuk hal yang perlu diperhatikan dalam perencanaan berlibur. Apabila kondisi kesehatan tidak memungkinkan, berlibur bisa jadi tidak menyenangkan bahkan akan menimbulkan masalah baru. Sejak awal kesehatan harus dijaga. Kondisi fisik harus bugar dan ada baiknya makanan ringan pun harus dipersiapkan untuk pengganjal perut selama dalam perjalanan.

Keempat: Tenangkan pikiran dan tuntaskan masalah. Sebelum pergi berlibur tenangkan pikiran, simpan dahulu pikiran-pikiran yang menyesakkan dada. Selain itu, janganlah menyimpan unek-unek di antara anggota keluarga yang akan berangkat berlibur, karena hal ini hanya akan mengganggu kenyamanan dalam berlibur. Tuntaskanlah terlebih dahulu setiap masalah di antara anggota keluarga agar liburan yang selama ini ditunggu-tunggu dapat menyenangkan.

Kelima : Anggaran, persiapkan anggaran secara matang. Mempersiapkan anggaran berlibur dengan baik akan mencegah Anda bersikap boros. Berlibur tidaklah harus mahal, pilihlah tempat sederhana yang mengesankan. Akan tetapi, jika Anda menargetkan tujuan berlibur ke luar negeri, hendaklah Anda menabung sejak awal tahun. 

Selamat berlibur, semoga liburan Anda menjadi menyenangkan dan lebih bermakna.

Sumber: http://id.shvoong.com/how-to/family/2166293-tips-liburan-yang-bermakna/#ixzz1gtCsUYam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar